Kamis, 25 Desember 2014

Mbah Nikmah Jualan Hasil Bumi di Pasar Setiap Hari, Sudah Lebih 35 tahun

Mbah Nikmah menggelar dagangannya 

Jepara – Bagi Mbah Nikmah (60) warga desa Tedunan kecamatan Kedung berjualan hasil bumi merupakan pekerjaan sejak dulu. Selain sayuran seperti kangkung , Ketimun , jagung ketela pohon dan pisang itulah dagangannya sehari-hari. Meski usianya sudah lanjut namun badannya masih sehat . Sehingga setiap hari ia menggelar dagangannya di halaman pasar baru desa Kedungmutih.
“ Kalau dihitung saya jualan sudah lebih 35 tahun. Dulu dengan suami saya naik sepeda. Namun suami sudah meninggal 15 tahun yang lalu jadinya ya  jualan sendiri dari rumah naik angkot “, kata Mbah Nikmah.
Mbak Nikmah mengatakan , berjualan adalah suatu hal yang menyenangkan. Selain dapat uang juga pikiran jadi sehat. Setiap hari ketemu teman di pasar dan selalu pegang uang mesti sedikit. Oleh karena itu meski kini hidup sendirian ia tetap menekuni profesinya sebagai penjual hasil bumi meski kecil-kecilan.
Dagangan yang dijual tergantung kulakan dari pasar , jika ketemu jagung ya jualan jagung. Jika ketemu sayuran juga jual sayuran . Semuanya itu menurutnya laku dan dibutuhkan orang. Kalau jagung biasanya ia rebus dahulu di rumah. Sedangkan sayuran ia jual dalam bentuk segar. Sedangkan pisang ada kalanya pisang rebus ada juga pisang segar.
“ Menurut saya jualan apa saja disini laku dan dapat untung meski sedikit. Oleh karena itu bagi yang belum mempunyai pekerjaan bisa jualan hasil bumi seperti saya “, kata Mbah Nikmah.
Pedagang lain di pasar pagi kedungmutih

Memang awalnya berjualan ada rasa malu atau pekewuh . Tetapi setelah dijalani beberapa hari akan terbiasa. Apalagi jika untung banyak rasa malu itu akan hilang berganti senang. Oleh karena itu pedagang di pasar  tidak berkurang tetapi bertambah terus.
“ ya kalau di tanya keuntungannya ya tidak bisa ngitung secara persis, Setiap hari tidak sama kadang ramai kadang sepi. Tetapi sehari dapat bersih Rp 30 ribu – Rp 40 ribu ya mudah”, tambah Mbah Nikmah.
Nah bagi yang belum mempunyai pekerjaan Mbah Nikmah mengajak untuk berjualan di pasar. Jualan apa saja laku yang penting tidak malu dan tidak bosan. Modal untuk berjualan hasil bumi dheprokan ini tidak banyak paling banter Rp 500 ribu.

Jika ada uang bisa langsung jalan kulakan , namun jika tak ada uang bisa gadaikan barang. Tetapi jika tidak punya bisa pinjam saudara, teman atau Bank . Selamat mencoba , (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar