Jumat, 09 Januari 2015

Pak Raki Dari Jepara Mendapatkan Uang Ajak Anak-anak Keliling Naik Kereta


 

Raki ajak jalan-jalan anak-anak

Jepara – Hidup dalam jaman yang serba modern ini orang dituntut untuk kreatif. Seperti halnya Raki (45) warga desa Dongos kecamatan Kedung kabupaten Jepara. Dengan mengajak jalan-jalan anak orang ia mendapat uang setiap harinya. Mengapa ?
Ya setiap hari dia bekerja sebagai sopir kereta mini . Dengan mengajak anak-anak keliling kampung dia mendapatkan uang. Setiap hari ia berpindah dari desa satu ke desa lainnya. Bermodal kendaraan roda tiga sewaan ia mengais rupiah setiap harinya.
“ Ya sekali naik atau sekali jalan Rp 1.000, namun ada pula yang langsung dua kali kali jalan jadinya ya Rp 2.000. Jika sekali jalan penuh hasilnya juga lumayan “, kata Raki padakabarseputarmuria.com
Raki mengatakan , setahun yang lalu dia mengoperasikan kereta mini bergambar naga. Namun karena bentuknya terlalu panjang maka menyulitkan untuk masuk kampung. Oleh karena bosnya mempunyai kereta mini roda tiga maka iapun menyewa system harian.
“ Kalau pakai kereta roda tiga ini lebih praktis cara bawanya . Masuk gang-gang sempit tidak kesulitan. Sehingga bisa menarik anak-anak untuk naik ke kereta roda tiga ini “, lanjut Raki.
Sewa kereta mini sehari taripnya Rp 75 ribu ditambah bensin sehari habis Rp 25 ribu . Jadi pengeluaran seharinya sekitar Rp 100 ribu. Dari anak-anak yang naik kereta mininya Raki mengaku sehari bisa dapat Rp 200 ribu – Rp 250 ribu. Jika dikurangi dengan pengeluaran diatas penghasilan bersih Raki antara Rp 100 ribu – Rp 150 ribu.
Dari mengoperasikan kereta mini roda tiga itu Raki mengaku bisa member belanja istrinya sehari-hari. Selain itu juga bisa membiayai anak-anaknya sekolah. Oleh karena itu setiap hari dia selalu keliling dari desa satu ke desa lainnya. Jika ada anak bergerombol iapun menghampirinya untuk diajak jalan-jalan.
“ Sekarang jalan di desa sudah mulus di betonisasi sehingga perjalanan kereta cukup lancar. Sehingga kereta bisa berjalan cepat dan kondisi keretapun awet “, tambah Raki.
Di waktu-waktu tertentu Kereta Mini Raki disewa oleh sekolan Taman Kanak-kanak atau PAUD. Mereka mengajak siswa-siswinya untuk jalan-jalan ke tempat wisata. Sehari keretanya di boking untuk mengantarkan jalan-jalan ke tempat wisata yang di tentukan.
“ Ya kadang ke pantai Kartini Jepara , kadang juga ke pantai Teluk awur Jepara. Nah kalau ini rejeki nomplok tidak usah keliling-keliling sudah ada orderan datang dan hasilnyapun lumayan “, kata Raki lagi. (Muin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar