Jumat, 09 Januari 2015

Membuat Kerupuk Sili Kerupuk Khas Candisari


Salah satu pengrajin Opak Sili

Demak – Desa Candisari kecamatan Mranggen ke depan akan dikembangkan sebagai desa wisata karena potensinya yang cukup banyak. Salah satunya adalah adanya usaha kerajinan makanan kecil yang sudahn run temurun. Salah satunya adalah jajanan berupa kerupuk yang dikenal sebagai “Opak Sili “. Kerajinan opak ini berada di kampung Sili salah satu tempat di desa Candisari.

“ Opak Sili ini sudah di kenal sejak lama sekali, pembuatnya ya hampir semua KK di kampung Sili ini . Namun dari perkembangan memang ada satu dua yang tutup usaha karena tidak ada generasi penerusnya, kini tinggal 10 KK ”, kata M. Soleh Kasun seksi Pembangunan LKMD desa Candisari padakabarseputarmuria.com

Opak Sili ini bahan bakunya adalah singkong yang merupakan salah satu hasil bumi desa Candisari. Setelah dikupas dan dibersihkan singkong tersebut di rebus sampai masak. Rebusan singkong kemudian di lumatkan dengan peralatan khusus sampai jadi adonan mirip bubur. Selanjutnya adonan di beri bumbu agar sedap dan lezat jika dimakan nantinya.

penjemjuran Opak Sili

“ Setelah jadi adonan kemudian baru di cetak jadi bakal opak berbentuk bundar . Opak yang masih basah itu kemudian ditata dalam gadang yang terbuat dari bambu untuk dijemur “, tambah Kasun

Menurut Kasun , rasa opak Sili ini cukup khas dan tidak ada duanya di tempat lain. Oleh karena itu Opak ini cukup laris di pasaran baik di jual di pasar desa atau datang ke tempat pengrajin. Para bakul dari luar desa banyak juga yang kulakan opak Sili untuk di jual di tempat lain. Mereka membeli dalam bentuk mentah ada yang sudah matang langsung bisa diiderkan.

“ Mudah-mudahan ke depan produk Opak Sili ini bisa berkembang lagi setelah desa Candisari ini benar-benar jadi desa Wisata. Oleh karena itu perlu dukungan dan pembinaan dari pemerintah daerah “, kata kasun. (Muin)
Foto -Foto : Desa Candisari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar